H. Abu Bakar Jamalia Tegaskan Bahwa Pancasila Perekat Kesatuan dan Persatuan Bangsa di Tahun Politik

Tanjung Jabung Barat, Jambi – Di hadiri oleh Masyarakat dan MUSPIKA Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat, mengikuti sosialiasi empat pilar yang disampaikan oleh Anggota DPD RI Abu Bakar jamalia Dapil Jambi.

Agenda tersebut digelar di Aula Kecamatan Bram Itam, Rabu (30/1/2019) Kemarin

Anggota DPD RI Dapil Jambi Abu Bakar Jamalia, mengatakan Ditahun politik kita sebagi bangsa perlu kembali berkomitmen bahwa kesatuan bangsa harus kita utamakan. Berbeda pilihan politik itu wajar tetapi kita diikat oleh satu nilai dalam bingkai pancasila

“Pancasila merupakan falsafah Negara yang final, sebagai sumber dari segala hukum yang berlaku. Pancasila memiliki korelasi yang kuat dalam rangka memperkokoh pendidikan karakater sebagai Identitas Bangsa,” ujarnya.

Dihadapan masyarakat Kecamatan Bram Itam Abu Bakar menyampaikan pentingnya untuk saling meningkatkan toleransi dalam hidup bermasyarakat. Saling mengharagai satu sama lain dan hidup rukun dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ia menyampaikan tentang urgensi untuk merawat eksistensi serta terus memperkuat 4 Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

“Empat Pilar tersebut merupakan sebuah elemen yang saling terkait dan tak bisa terpisahkan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut juga, Abu Bakar mengingatkan kepada masyarakat agar tak mudah terprovokasi terhadap informasi-informasi di sosial media yang belum terverifikasi kebenaranya. Mengingat saat ini sedang musim kampanye pilpres dan pileg.

“Saat ini iklim demokrasi kita sedang diuji yang selama ini telah berjalan kondusif dengan hoak, fitnah, isu SARA dan Agama oleh pihak yang tak ingin persatuan dan kebangsaan kita menguat sehingga Kesatuan dan Persatuan harus menjadi tujuan utama dari proses politik kita,” ujarnya. (Red)